Daftar Riwayat Hidup atau yang kita kenal juga dengan sebutan Curriculum Vitae (CV) yaitu sebuah keterangan mengenai jati diri seseorang yang sifatnya untuk mempromosikan diri kepada perusahaan maupun instansi yang ingin dilamar pekerjaannya. CV biasanya menjadi salah satu persyaratan yang diajukan oleh sebuah perusahaan knorma dan sopan santun membuka lowongan pekerjaan. Dapat dikatakan pula bahwa surat lamaran pekerjaan dan CV yaitu dua hal yang tak sanggup dipisahkan.
Mengenai isinya, daftar riwayat hidup ini diberisikan keterangan eksklusif dan latar belakang pendidikan yang dimiliki seseorang baik pendidikan formal maupun pendidikan non-formal. Tujuan dibuatnya CV ini yaitu biar perusahaan sanggup mengenal sang pelamar dengan jelas. Hal ini nantinya menjadi materi pertidak seimbangan bagi perusahaan untuk mendapatkan atau menolak lamaran tersebut.
Dalam menciptakan daftar riwayat hidup atau CV, hendaknya dibentuk dengan sebenar-benarnya sesuai dengan keadaan anda. Sangat tidak diperbolehkan anda membuatnya melenceng dari kepribadian dan jati diri anda yang sesungguhnya. Karena hal tersebut nantinya akan dipertanggung jawabankan kepada perusahaan. Dan perlu anda ketahui bahwa keterangan pada CV cukup menghipnotis wacana diterima atau tidaknya seseorang.
Untuk itu hendaknya CV ini ditulis dengan baik dan benar. Dan kami akan memdiberikan beberapa tips dalam menulis daftar riwayat hidup atau CV. Mari simak uraiannya dibawah ini.
1. Harus Jujur
Yang pertama harus anda perhatikan yaitu kejujuran. Seperti yang sudah kami sampaikan tadi bahwa CV harus menunjukan hal yang bersama-sama ada pada diri anda. Misalkan saja soal pengalaman kerja. Jangan pernah menciptakan pengalaman kerja yang bersama-sama tidak pernah anda jalani. Mungkin saja hal tersebut dilakukan sebagian orang lantaran merasa gengsi alasannya yaitu tidak mempunyai pengalaman kerja yang cukup. Namun sekali lagi harus diingat, bahwa hal tersebut sangat tidak dibenarkan.
2. Perhatikan Tata Bahasa, Ejaan, dan Tanda Baca
Hal ini merupakan hal fundamental yang harus diperhatikan dalam setiap menulis surat resmi hingga daftar riwayat hidup. Gunakan bahasa yang baik dan benar serta perhatikan tanda baca yang anda gunakan. Buatlah CV anda dengan ejaan kata yang benar tanpa ada kekurangan karakter atau kesalahan lainnya.
3. Jumlah Halaman
Pada umumnya CV hanya terdiri dari satu lembar halaman saja. Namun jikalau memang pengalaman kerja, latar pendidikan, dan pengalaman mengikuti pembinaan anda sangat banyak dan penting untuk disertakan, maka CV anda boleh menjadi dua atau tiga halaman. Akan tetapi untuk surat lamaran kerja akan ludang kecepeh baik jikalau hanya satu halaman.
4. Berikan Keterangan Yang Jelas dan Secara Gamblang
Maksudnya disini yaitu ketika anda memdiberikan sebuah keterangan, maka hendaknya diuraikan atau disampaikan dengan jelas. Sebagai contoh, knorma dan sopan santun anda menuliskan gelar atau pendidikan tertinggi anda. Misalkan saja anda menulis Sarjana Ekonomi Universitas Sriwijaya. Nah akan ludang kecepeh baik jikalau anda menyertakan nama kota Universitas tersebut yaitu mnenjadi Sarjana Ekonomi Universitas Sriwijaya - Palembang, Sumatera Selatan.
5. Praktis Dibaca dan Praktis Dicerna
CV yang baik hendaknya yang praktis dibaca, praktis dicerna, dan urutannya jelas. Jika ada sebuah keterangan yang kondusif penting, maka anda sanggup menulisnya dengan karakter tebal atau bold. Dengan begini maka perusahaan sanggup ludang kecepeh praktis mengetahui hal yang sangat penting dan yang ingin anda tunjukkan melalui Cv tersebut.
Itulah beberapa hal atau tips dalam menulis CV. Untuk ludang kecepeh jelasnya, maka dibawah ini kami memdiberikan rujukan sebuah Daftar Riwayat Hidup yang baik dan benar. Contoh tersebut juga sebagai epilog ulasan kami kali ini. Sampai jumpa dan semoga berguna ya.
Contoh :
DATA PRIBADI
Nama Lengkap : Denna Aulia Putri
Tempat, Tanggal Lahir : Palembang, 28 Agustus 1991
Jenis Kelamin : Wanita
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Status : Belum Kawin
Alamat : Jln. Anggrek No. 274 Palembang
No. Telpon : 0813 7896 2486
Email : DennaAuput@gmail.com
PENDIDIKAN FORMAL
1. SD Negeri 1 Palembang : Tahun 1997 - 2003
2. Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jakarta : Tahun 2003 - 2006
3. Sekolah Menengan Atas Negeri 1 Palembang : Tahun 2006 - 2009
4. S1 Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya - Pelembang : Tahun 2010 - 2014
PENDIDIKAN INFORMAL
1. Kursus Komputer dan Jaringan di Palembang : Tahun 2009
2. Kursus Progamming di Palembang : Tahun 2012
3. Basic Language English di Palembang : Tahun 2013
4. Pelatihan Praktik Kerja Bagian Keuangan : Tahun 2014
5. Pelatihan Kepegawaian dan Calon Pegawai Berpengalaman : Tahun 2015
RIWAYAT PEKERJAAN
1. Staff Keuangan di PT. IndoMaju, Palembang : Tahun 2014 - 2015
2. Kepala Staff Keuangan di PT. Cipta Karya Sejati, Lampung : Tahun 2015-2017
Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
Palembang, 30 Desember 2017
Denna Aulia Putri
Mengenai isinya, daftar riwayat hidup ini diberisikan keterangan eksklusif dan latar belakang pendidikan yang dimiliki seseorang baik pendidikan formal maupun pendidikan non-formal. Tujuan dibuatnya CV ini yaitu biar perusahaan sanggup mengenal sang pelamar dengan jelas. Hal ini nantinya menjadi materi pertidak seimbangan bagi perusahaan untuk mendapatkan atau menolak lamaran tersebut.
Dalam menciptakan daftar riwayat hidup atau CV, hendaknya dibentuk dengan sebenar-benarnya sesuai dengan keadaan anda. Sangat tidak diperbolehkan anda membuatnya melenceng dari kepribadian dan jati diri anda yang sesungguhnya. Karena hal tersebut nantinya akan dipertanggung jawabankan kepada perusahaan. Dan perlu anda ketahui bahwa keterangan pada CV cukup menghipnotis wacana diterima atau tidaknya seseorang.
Untuk itu hendaknya CV ini ditulis dengan baik dan benar. Dan kami akan memdiberikan beberapa tips dalam menulis daftar riwayat hidup atau CV. Mari simak uraiannya dibawah ini.
1. Harus Jujur
Yang pertama harus anda perhatikan yaitu kejujuran. Seperti yang sudah kami sampaikan tadi bahwa CV harus menunjukan hal yang bersama-sama ada pada diri anda. Misalkan saja soal pengalaman kerja. Jangan pernah menciptakan pengalaman kerja yang bersama-sama tidak pernah anda jalani. Mungkin saja hal tersebut dilakukan sebagian orang lantaran merasa gengsi alasannya yaitu tidak mempunyai pengalaman kerja yang cukup. Namun sekali lagi harus diingat, bahwa hal tersebut sangat tidak dibenarkan.
2. Perhatikan Tata Bahasa, Ejaan, dan Tanda Baca
Hal ini merupakan hal fundamental yang harus diperhatikan dalam setiap menulis surat resmi hingga daftar riwayat hidup. Gunakan bahasa yang baik dan benar serta perhatikan tanda baca yang anda gunakan. Buatlah CV anda dengan ejaan kata yang benar tanpa ada kekurangan karakter atau kesalahan lainnya.
3. Jumlah Halaman
Pada umumnya CV hanya terdiri dari satu lembar halaman saja. Namun jikalau memang pengalaman kerja, latar pendidikan, dan pengalaman mengikuti pembinaan anda sangat banyak dan penting untuk disertakan, maka CV anda boleh menjadi dua atau tiga halaman. Akan tetapi untuk surat lamaran kerja akan ludang kecepeh baik jikalau hanya satu halaman.
4. Berikan Keterangan Yang Jelas dan Secara Gamblang
Maksudnya disini yaitu ketika anda memdiberikan sebuah keterangan, maka hendaknya diuraikan atau disampaikan dengan jelas. Sebagai contoh, knorma dan sopan santun anda menuliskan gelar atau pendidikan tertinggi anda. Misalkan saja anda menulis Sarjana Ekonomi Universitas Sriwijaya. Nah akan ludang kecepeh baik jikalau anda menyertakan nama kota Universitas tersebut yaitu mnenjadi Sarjana Ekonomi Universitas Sriwijaya - Palembang, Sumatera Selatan.
5. Praktis Dibaca dan Praktis Dicerna
CV yang baik hendaknya yang praktis dibaca, praktis dicerna, dan urutannya jelas. Jika ada sebuah keterangan yang kondusif penting, maka anda sanggup menulisnya dengan karakter tebal atau bold. Dengan begini maka perusahaan sanggup ludang kecepeh praktis mengetahui hal yang sangat penting dan yang ingin anda tunjukkan melalui Cv tersebut.
Itulah beberapa hal atau tips dalam menulis CV. Untuk ludang kecepeh jelasnya, maka dibawah ini kami memdiberikan rujukan sebuah Daftar Riwayat Hidup yang baik dan benar. Contoh tersebut juga sebagai epilog ulasan kami kali ini. Sampai jumpa dan semoga berguna ya.
Contoh :
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
DATA PRIBADI
Nama Lengkap : Denna Aulia Putri
Tempat, Tanggal Lahir : Palembang, 28 Agustus 1991
Jenis Kelamin : Wanita
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Status : Belum Kawin
Alamat : Jln. Anggrek No. 274 Palembang
No. Telpon : 0813 7896 2486
Email : DennaAuput@gmail.com
PENDIDIKAN FORMAL
1. SD Negeri 1 Palembang : Tahun 1997 - 2003
2. Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jakarta : Tahun 2003 - 2006
3. Sekolah Menengan Atas Negeri 1 Palembang : Tahun 2006 - 2009
4. S1 Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya - Pelembang : Tahun 2010 - 2014
PENDIDIKAN INFORMAL
1. Kursus Komputer dan Jaringan di Palembang : Tahun 2009
2. Kursus Progamming di Palembang : Tahun 2012
3. Basic Language English di Palembang : Tahun 2013
4. Pelatihan Praktik Kerja Bagian Keuangan : Tahun 2014
5. Pelatihan Kepegawaian dan Calon Pegawai Berpengalaman : Tahun 2015
RIWAYAT PEKERJAAN
1. Staff Keuangan di PT. IndoMaju, Palembang : Tahun 2014 - 2015
2. Kepala Staff Keuangan di PT. Cipta Karya Sejati, Lampung : Tahun 2015-2017
Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
Palembang, 30 Desember 2017
Denna Aulia Putri
Advertisement